Gulali hingga Rentenir Pinjol: Tren Squid Game

2 min read

Squid Game tak hanya jadi perbincangan tapi telah jadi fenomenal. Bermacam meme dan teori-teori tentang serial ini sudah banyak bermunculan. Series baru persembahan Netflix ini bergenre drama-thriller. Mengambil plot kesenjangan, di mana orang-orang paling terpuruk se-Korea dikumpulkan dalam sebuah permainan berhadiah miliaran won dan harus menghadapi pertentangan antara moral, kemanusiaan, bertahan hidup, dan uang demi semata-mata memuaskan hasrat kesenangan bagi orang-orang kaya.

Setiap akhir episodenya selalu memberi bisikan untuk tidak melewatkan menekan tombol next episode. Sejak menonton Squid Game, saya lupa waktu untuk makan, lupa akan cucian dan tagihan akhir bulan yang menumpuk, bahkan lupa kewajiban menjadi seorang bapak bagi anak.

Sebelumnya, serial yang menarik perhatian dan juga menjadi perbincangan adalah Money Heist. Efek yang ditimbulkan Money Heist pun bisa dibilang fantastis. Seragam terusan merah menyala dan topeng Salvador Dali, berikut tembang Bella Ciao kerap kali dijadikan outfit dan anthem demonstran di seluruh dunia. Kalau di Indonesia, kita tahu setelan itu pernah digunakan seorang demonstran yang membakar naskah UU Ciptaker pada gelombang penolakan terhadap omnibus law tahun lalu.

Berbekal hal itu, melihat ramainya khalayak membincangkan serial Squid Game ini, saya memprediksi beberapa hal dalam serial ini yang akan segera jadi tren.

Jaket

Sama seperti Money Heist effect, pakaian khas dalam serial Squid Game juga tidak kalah cool, baik penjaga yang memakai jaket terusan berwarna pink, maupun para pemain game yang menggunakan setelan hijau pupus. Ini mungkin bisa menjadi antitesis dari gaya berpakaian di serial drakor lainnya, dan sangat cocok untuk diaplikasikan pada perkumpulan-perkumpulan senam atau olahraga lain.

Simbol

Simbol permainan cumi-cumi dalam serial ini telah berulang kali disodorkan pada para penonton sejak intro episode pertama. Yakni perpaduan antara lingkaran, persegi, dan segitiga. Mulai dari kartu nama yang diberikan pada calon pemain, hingga kotak kado, semua dilabeli simbol ini. Topeng para penjaga juga memakai simbol ini untuk menentukan strata kedudukan diantara mereka. Bukan tidak mungkin jika nanti akan ada warung makanan cepat saji yang membuat edisi khusus Squid Game dan mencetak simbol ini di bungkus-bungkus produk mereka.

Topeng

Mengingat pantauan otoritas yang semakin sulit untuk dilewati saat berdemo, topeng memang menjadi aksesoris yang fungsional dan mudah dibawa. Berkaca pada topeng Salvador Dali yang banyak digunakan oleh para demonstran, tidak menutup kemungkinan topeng-topeng khas di Squid Game akan seperti itu juga. Topeng para penjaga atau topeng-topeng para tamu VIP di serial ini bisa jadi suatu saat akan muncul di teatrikal jalanan untuk menggambarkan kesenjangan kelas.

Permen Gulali

Nah, permainan ini ada di episode ketiga dimana setiap pemain diharuskan memotong permen gula dengan pola yang sudah mereka pilih sebelumnya. Ada lima pola yang disediakan; lingkaran, persegi, segitiga, bintang dan bentuk payung. Proses pembuatannya yang cukup mudah dan tidak memerlukan banyak bahan memungkinkan permen gulali ini akan menjadi jajanan tren selepas serial Squid Game.

Mungkin nih, Salah satu toko buku online yang biasa memberikan bonus setangkai permen gulali warna-warni bagi pembelinya akan menggantinya dengan permen gulali ala Squid Game ini.

Permainan Kelereng

Di tengah gempuran masif teknologi, anak-anak jaman sekarang semakin sedikit yang terlihat bermain bersama di atas tanah lapang dan dibawah terik matahari. Salah satu permainan dalam Squid Game yang bersinggungan dengan budaya Indonesia mungkin hanyalah permainan kelereng ini.

Di episode keenam ini dijamin akan membawa kembali ingatan masa kecil anak-anak generasi 90an, atau setidaknya membuat mereka tersadar untuk mengingatkan anak-anak mereka bahwa ada satu permainan seru yang dimainkan orang tuanya di masa lampau.

Terakhir, dan yang paling bahaya dari serial Netflix sembilan episode ini yang mungkin akan menjadi tren adalah budaya tidak takut berutang dan keputusasaan. Bisa-bisa para rentenir pinjol itu nanti akan membentuk serikat rahasia untuk menyusun Squid Game ala Indonesia.

Itulah prediksi tren setelah Squid Game versi saya. Kalau menurut kawan-kawan ada yang kurang, bisa ditambahkan di kolom komentar ya.

Julian Sadam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dapatkan tulisan-tulisan menarik setiap saat dengan berlangganan melalalui email.