Kriteria Tulisan

Omong-Omong Media menerbitkan tulisan berupa esai dan fiksi dengan beragam topik dan perspektif. Kami menjunjung tinggi kebebasan berekspresi, kesetaraan, dan nilai kemanusiaan. Dengan demikian, kami tidak akan menerbitkan tulisan yang bermuatan rasis, seksis, menyebarkan berita bohong dan kebencian. Di luar itu, kami sangat menghargai perdebatan dan perbedaan pandangan.

Penjelasan mengenai rubrik-rubrik dalam Omong-Omong sebagai berikut:

Pandangan adalah rubrik untuk tulisan-tulisan yang mengulas persoalan terkini dalam masyarakat. Bisa isu politik, ekonomi, sosial, olahraga, hingga isu terkini yang dipicu pembicaraan di media sosial.

Risalah adalah rubrik untuk tulisan-tulisan yang mengulas pemikiran, gagasan, teori, atau temuan-temuan dari penelitian.

Senggang  merupakan rubrik untuk tulisan tentang buku, sastra, film, karya seni, pertunjukan, gaya hidup mencakup mode, cerita perjalanan, kuliner dan hal-hal lain dalam cakupan diskursus budaya.

By The Way hadir sebagai ruang untuk semua tulisan dalam Bahasa Inggris.

Fiksi adalah ruang untuk cerita pendek dan puisi. Tidak ada batasan tema dan bentuk cerpen dan puisi. Bisa ditulis dalam Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris. Untuk puisi, dalam satu pengiriman minimal terdiri dari lima puisi.

Kami tidak membatasi panjang tulisan. Selama gagasan tersampaikan dengan baik, panjang tulisan tidak jadi persoalan.

Jika tulisan tidak mendapat tanggapan setelah dua minggu pengiriman, berarti tulisan tersebut tidak memenuhi kriteria redaksi dan tidak bisa dimuat di Omong-Omong.

Terakhir, apakah ada honor untuk penulis yang tulisannya terbit di Omong-Omong? Saat ini Omong-Omong ditujukan sebagai ruang bersama untuk menyajikan dan mengadu gagasan. Kami belum menyediakan honor untuk semua penulis yang tulisannya terbit, meski tidak menutup kemungkinan di masa mendatang kami akan menyediakan honor. Yang ditawarkan Omong-Omong adalah sebuah ruang sekaligus jaminan mutu kurasi dan penyuntingan, serta upaya untuk mengantarkan gagasan dan cerita pada pembaca.

(Redaksi)