Moch Aldy MA Redaksi Omong-Omong

7 Fakta tentang Squid Game

1 min read

Squid Game adalah serial terbaru Netflix yang sedang naik daun sekaligus mengundang kontroversi. Dengan nuansa survival ala Gim Battle Royale, penonton disuguhi petualangan yang menghiburkan sekaligus menegangkan. Sejak dirilis pada tanggal 17 September 2021, drama Korea ini menjadi salah satu seri Netflix paling populer yang pernah ada.

Squid Game bercerita tentang sekelompok orang yang sangat membutuhkan uang, hingga mereka menerima undangan untuk bersaing dalam permainan. Squid Game diikuti oleh 456 peserta—mereka mempertaruhkan hidupnya dalam permainan bertahan hidup secara misterius untuk hadiah 45,6 miliar Won (Rp 562,4 miliar).

Di balik popularitasnya, serial ini memiliki beberapa fakta menarik.

1. Squid Game adalah film multi-genre

Setelah kamu menonton trailer Squid Game, kamu akan tahu persis bahwa seri ini adalah drama permainan bertahan hidup. Meski demikian, sutradara dan penulisnya, Hwang Dong-hyuk, tidak lupa memberikan lebih banyak rasa untuk dinikmati pemirsa. Squid Game termasuk thriller edgy, horor, serta drama. Squid Game juga mengandung unsur komedi gelap, yang membuatnya lebih seru. Squid Game adalah film thriller/horror/drama yang dinamis, penuh gaya, dan edgy.

2. Naskahnya selesai pada tahun 2009

Dalam konferensi pers Netflix, Hwang Dong-hyuk mengungkapkan bahwa ia telah selesai menulis naskah untuk Squid Game sejak 2009. Namun, orang masih meragukan konsep ceritanya.

“Saya menyelesaikan naskahnya pada 2009. Saat itu, orang merasa naskahnya terlalu asing, brutal, dan plotnya terlalu rumit.” -Hwang Dong-hyuk

3. Menggunakan set yang sebenarnya

Sutradara Hwang Dong-hyuk mengatakan bahwa dia ingin menggunakan efek komputer seminimal mungkin, membuat serial ini lebih nyata.

“Pada saat itu, tampaknya sangat asing dan penuh kekerasan. Ada orang yang berpikir itu agak terlalu rumit dan tidak komersial. Saya tidak bisa mendapatkan investasi yang cukup dan casting sulit. Saya mencoba-coba selama sekitar satu tahun, tapi aku harus menidurkannya,” jelas Hwang.

4. Squid Game terinspirasi dari berbagai permainan anak-anak

Hwang juga mengatakan bahwa dia terinspirasi oleh permainan yang dia mainkan ketika dia masih kecil. Permainan ini sering dimainkan di halaman sekolah atau jalan-jalan lingkungan.

“Saya merasa permainan ini bisa menjadi permainan anak-anak paling simbolis yang bisa mewakili masyarakat kita saat ini,” jelasnya.

5. Warna seragam

Para peserta mengenakan pakaian olahraga berwarna hijau, sedangkan para prajurit mengenakan seragam berwarna merah jambu.

Sutradara Hwang mendandani para peserta dengan pakaian olahraga hijau karena mengingatkannya pada apa yang dikenakan siswa sekolah menengah Korea ketika dia masih muda.

Untuk memberikan kontras warna yang bagus, para prajurit mengenakan hot pink, yang merupakan kebalikan dari warna hijau. Hasilnya secara visual menunjukkan bahwa kedua grup berada di tim yang berlawanan.

6. Bentuk topeng terinspirasi oleh koloni semut

Dalam koloni semut, semut mengikuti struktur di mana tugas dan peran mereka digambarkan dengan jelas. Beberapa memiliki lingkaran yang digambar di topeng mereka, sementara yang lain memiliki segitiga atau persegi.

Lingkaran mewakili pekerja, segitiga mewakili tentara, dan kotak mewakili manajer. Di Squid Game, pekerja, tentara, dan manajer hanya menjalankan tugas yang diberikan dan tidak ada yang lain. Jika tidak, mereka akan ditembak mati.

7. Tangga terinspirasi oleh Relativitas Escher

Dalam episode pertama, bidikan tangga yang penuh warna dan membingungkan dari atas ke bawah membuat penonton terkesan dan menciptakan suasana yang mind-blowing. Tangga tersebut bisa dikatakan mengambil pola desain nirmana.

Hwang mengungkapkan bahwa ia terinspirasi oleh cetakan litograf oleh seniman Belanda M.C. Escher. Cetakan litograf berjudul Relativitas yang menggambarkan dunia di mana hukum gravitasi berbeda dari dunia nyata.

Dalam Relativitas, ada total tujuh tangga yang diatur dengan cara yang membingungkan. Ini mirip dengan desain tangga yang rumit dan koridor seperti labirin di Squid Game.

Moch Aldy MA
Moch Aldy MA Redaksi Omong-Omong

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dapatkan tulisan-tulisan menarik setiap saat dengan berlangganan melalalui email.